riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Beras dan Rokok Penyumbang Kemiskinan Terbesar di Indonesia

TIM Archive
Jumat, 12 Januari 2018 | 12:01 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
Riau24.com- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, beras dan rokok merupakan penyumbang kemiskinan terbesar di Indonesia.

Bambang menyebut, beras dan rokok kretek filter menjadi penyumbang kemiskinan terbesar baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Ia merincikan, seperti pada September 2017, beras berkontribusi terhadap kemiskinan di perkotaan sebesar 18,8 persen. Sedangkan di perdesaan sebesar 24,52 persen.

"Sedangkan rokok kretek di perkotaan menyumbang 9,98 persen, dan perdesaan 10.7 persen," ungkapnya, Selasa 9 Januari 2018.

Selain beras dan rokok filter, komoditi lain yang menyumbang kemiskinan kemiskinan yaitu telur ayam ras, daging ayam ras, mie instan, gula pasir, dan daging sapi.

"Untuk daging sapi, kontribusinya terhadap angka kemiskinan mulai terasa sejak dua tahun terakhir. Daging sapi di perkotaan per September 2017 menyumbang 5,71 persen, dan di perdesaan menyumbang 2,83 persen," ujarnya.

Bambang juga menerangkan, untuk daging sapi ini terjadi perubaan pola konsumsi di masyarakat. Ia menyebut, perubahan pola konsumsi ini kemungkinan karena adanya perbaikan pendapatan dan kesadaran perbaikan gizi sehingga masyarakat mulai mengonsumsi daging sapi.

"lni bagus karena daging sapi sudah jadi kebutuhan," imbuhnya.

 

Penulis TIM Archive
INDEX BERITA