riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

PM Jepang Keliling Eropa Cari Dukungan Lawan Nuklir Korut

TIM Archive
Jumat, 12 Januari 2018 | 14:47 WIB
PM Jepang Keliling Eropa/int PM Jepang Keliling Eropa/int
Riau24.com - Kendati Korea Utara (Korut) menjalin dialog Korea Selatan (Korsel), Jepang masih saja risau. Hal itu ditunjukkan dengan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe yang berkeliling Eropa.

Dilansir dari CNNIndonesia, Shinzo Abe dijadwalkan tur ke negara-negara Eropa dan Baltik, seperti Latvia, Bulgaria, Lithuania, Estonia, Rumania, dan Serbia. Negara matahari terbit ini disebut akan menggalang dukungan sebagai perlawanan atas program senjata nuklir milik rezim Kim Jong-un.

Agenda tur keliling Eropa tersebut hanya beberapa hari dari terjadinya dialog tingkat tinggi antara Pyongyang dan Seoul. "Saya ingin informasikan kerja sama kami terhadap Korea Utara dan isu mendesak lainnya yang dihadapi oleh komunitas internasional," kata Abe, Jumat (12/01/2018).

Sampai saat ini Tokyo tetap was-was dengan program senjata nuklir Korea Utara. Ditambah dengan militer Korut sempat meluncurkan rudal yang melintas di atas wilayah Jepang, yang kemudian jatuh ke samudera.

Dalam kunjugannya ini Abe memboyong perwakilan dari 30 perusahaan untuk menjalin relasi bisnis di tiap negara tersebut. Menariknya keenam negara yang didatangi Abe adalah negara dari 16 negara Eropa yang telah mengikuti pertemuan tahunan dengan China.

China memang semakin serius mewujudkan inisiatif "One Belt, One Road" yakni jalur maritim yang menghubungkan Eropa, Asia hingga Afrika. Sehingga pengamat menilai Jepang juga ingin memperkuat pengaruhnya di negara-negara tersebut.(***)



r24/riki
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA