riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Adakah Perbedaan Gerakan Shalat Lelaki dab Wanita? Ini Penjelasannya

TIM Archive
Minggu, 14 Januari 2018 | 21:54 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
Riau24.com- Berdasarkan kajian Ustadz Abu lhsan Al Atsary beliau mengungkapkan, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Shalatlah kalian, sebagaimana kalian melihatku salat" (HR. Bukhari).

Hadits ini menjadi dalil bahwa shalatnya wanita sama dengan shalatnya laki-Iaki, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan agar umatnya mengikuti tata cara shalatnya, tanpa memberikan pengecualian.

Imam Ibrahim An-Nakhai -seorang tabiinmengatakan, “Seorang wanita mengerjakan shalat sebagaimana yang dilakukan oleh Iaki-laki" (HR. Bukhari).

Selain itu, Waikh Albani rahimahullah berkata, "Semua yang saya paparkan tentang shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam disamakan antara Iaki-laki dan perempuan, tidak ada riwayat di dalam sunnah yang menunjukkan adanya pengecualian bagi wanita dalam beberapa gerakan shalat tersebut, bahkan keumuman sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam: "Shalatlah kalian sebagaimana kamu melihat aku shalat." Sudah mencakup mereka para wanita". (Sifat Shalat: 189).

Lalu Imam Bukhari meriwayatkan dengan sanad yang sahih dalam kitab At-Tarikh as-Shaghir, dari Ummu Darda, "Ummu Darda duduk ketika shalat sebagaimana duduknya lelaki. Padahal ia adalah seorang ulama wanita."

Semua keterangan di atas, memberikan kesimpulan bahwa tata cara shalatnya wanita sama dengan tata cara shalat Iaki-Iaki.

 

Penulis TIM Archive
INDEX BERITA