riau24
    Rabu, 19 Desember 2018 | 20:56 WIB

Negara Mana Wakil Pertama Asia di Piala Dunia? Jawabannya Bikin Bangga

TIM Archive
Senin, 29 Januari 2018 | 11:05 WIB
Ilustrasi Pemain Indonesia tahun 1938 Foto; Dok int
Riau24.com- Mungkin belum banyak yang tahu, negara mana yang pertama sekali menjadi wakil Benua Asia dalam ajang Piala Dunia sepakbola. Jawaban dari Induk organisasi sepak bola dunia (FIFA), sangatlah membuat bangga. FIFA mengakui Indonesia adalah wakil pertama Benua Asia di Piala Dunia.

Fakta sejarah ini mungkin terbenam dengan kondisi persepakbolaan di Tanah Air saat ini. Pasalnya, meski Asia selalu memasukkan wakil di ajang laga bergengsi itu, namun saat ini selalu didominasi beberapa negara. Sebut saja Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Kendati demikian, FIFA tepat mengakui bahwa wakil pertama dari Benua Kuning di ajang itu adalah Indonesia.

Hal itu terungkap dalam sebuah sesi tanya jawab di media sosial Twitter.

"Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia? Hindia Belanda, dikenal saat ini dengan Indonesia, tampil dalam edisi 1938 di Prancis," demikian isi kicaun FIFA seperti dikutip Bolasport.com.

Ketika itu, Indonesia berada di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda) saat tampil di Piala Dunia 1938.

Kelolosan Hindia Belanda ke putaran final bak sebuah hadiah karena wakil Asia lainnya, Jepang, mengundurkan diri akibat masalah perang.

Ketika itu, Benua Asia diberikan jatah satu tempat dan hanya dua tim yang memperebutkannya saat itu. Hindia Belanda pun langsung tereleminasi setelah takluk 0-6 dari Hungaria pada partai perdana. Hungaria yang ketika itu dikenal sebagai salah satu negara yang kuat tradisi sepakbolanya, akhirnya meraih gelar runner up. ***

r24/wan

Penulis TIM Archive