riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Politisi PDI Perjuangan ini Bilang Begini, Berani Negara Menjamin Sorga?

TIM Archive
Kamis, 08 Februari 2018 | 12:40 WIB
Anggota Komisi XI, Eva Kusuma Sundari Anggota Komisi XI, Eva Kusuma Sundari
Riau24.com- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin merencanakan akan memungut zakat yang berasal dari pemotongan gaji ASN yang beragama Islam.

Dikutip dari RMOLSumut, Rabu 7 Februari 2018, Anggota Komisi XI Eva Kusuma Sundari mengatakan Menteri Lukman dinilainya menyalahi aturan dan tidak bisa seenaknya mengambil alih hak warga negara.

Dia juga mengatakan bahwa Kementerian Agama memiliki tujuan untuk menjamin kebebasan beragama dengan merumuskan dan melaksanakan kebijakan yang terkait dengan hal tersebut. 

Tapi, untuk membuat aturan pungutan zakat, Eva menilai hal tersebut jauh dari tugas dan fungsi Kementerian Agama.

"Kementrian agama ada untuk menjamin kebebasan beragama, bukan mengambil alih hak tersebut dari warga negara," kata politisi PDIP itu.

Negara dalam hal ini, lanjutnya, tidak ikut campur dalam hal Agama. Apalagi memotong penghasilan dari pendapatan yang sudah jadi hak individual. Dan menurutnya konstitusi telah meletakkan masalah agama sebagai hak pribadi.

"Kalau PNS dipotong gaji untuk Bapertarum bisa (perumahan), tapi dipotong untuk zakat kontra prestasinya apa? Berani negara menjamin sorga? Pakai dasar hukum apa padahal konstitusi meletakkan masalah agama adalah hak private (bukan negara)," ungkapnya. 
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA