riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Pemkab Rohil Wacanakan ASN Wajib Konsumsi Beras Lokal Petani Rohil

TIM Archive
Selasa, 13 Februari 2018 | 15:06 WIB
Kadis Ketahananan Pangan dan Pertanian Rohil, Isa Ahmadi/msy Kadis Ketahananan Pangan dan Pertanian Rohil, Isa Ahmadi/msy
Riau24.com - Pemkab Rohil mewacanakan program agar hasil SDA padi dapat dinikmati masyarakat sendiri hasilnya dengan cara mewajibkan agar para ASN wajib mengkonsumsi beras lokal hasil petani Rohil.

"Hal itu sesuai dengan keinginan Bupati Rohil, agar para ASN di lingkungan Pemkab Rohil agar mengkonsumsi beras lokal," ungkap Kadis Ketahananan Pangan dan Pertanian Rohil, Isa Ahmadi, Selasa (13/2).

Wacana tersebut lanjut Isa, sudah lama diinginkan bupati. Namun pada tahun 2017 terkendala disebabkan devisit anggaran. Sehingga berdampak pada masing- masing ASN.

Namun untuk tahun 2018 tambahnya, akan dicoba dan dikembangkan kembali oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

"Kita sudah berkoordinasi dengan kepala Bappeda dan dari situ ada kesepakatan, Bappeda mencoba mengawali para ASN yang ada di lingkungannya untuk diwajibkan membeli beras dimana satu pegawai akan diwajibkan membeli beras kemasan 10 kg, dan Bappeda telah memesan satu ton," paparnya.

Dijelaskannya, apabila itu sudah berkelanjutan Dinas Pertanian dan Bapppeda telah siap melayani maka akan dikembangkan ke dinas lainnya.

"Bila telah terealisasi nantinya akan kita laporkan ke Bupati agar dibuatkan aturan maupun surat edaran agar seluruh ASN di wajibkan membeli beras lokal tersebut melalui sitem potong gaji," terangnya.

Sementara saat ditanya ketersediaan beras lokal dalam memenuhi kebutuhan seluruh ASN se Rohil, Isa menyebutkan bisa memenuhi asal padi hasil panen masyarakat tidak dijual ke luar daerah.

"Untuk ASN gambarannya sekitar 5000 Ton konsumsi dengan jumlah puluhan ribu ASN, dan hasil padi kita mencukupi untuk itu, kita Dinas Pertanian pun sangat siap untuk memenuhinya," tandasnya.(***)


R24/msy
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA