riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Hukum Cicip Masakan Saat Puasa? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

TIM Archive
Jumat, 18 Mei 2018 | 11:25 WIB
Ustaz Abdul Somad Ustaz Abdul Somad
Riau24.com-Jumat 18 Mei 2018, selama menjalankan ibadah puasa kegiatan sehari-hari bagi orang Indonesia tetap berjalan seperti biasa. Terutama bagi ibu-ibu rumah tangga, tetap harus masak untuk berbuka keluarga di rumah. 

Namun masih sering membuat ragu orang awam, apakah boleh mencicip masakan untuk berbuka? "Apa hukum mencicipi masakan bagi ibu rumahtangga atau laki-laki yang bekerja sebagai chef?" tanya seorang jamaah kepada Ustaz Abdul Somad (UAS). 

Hal ini sudah dijelaskan Ustaz Abdul Somad (UAS) seperti dalam video @FodamaraTV di youtube. "Syeikh Abdul Aziz mufti Saudi Arabia, ditanya tentang hukum mencicipi masakan ketika berpuasa. Jawabannya tidam apa-apa. Karena alat perasa itu di lidah, tidak ditelan," kata dosen kelas Internasional Fakultas Ushuluddin di UIN Suska Riau ini. 

Hanya saja secara pribadi, UAS menyarankan kepada istri atau ibunya tidak mencicipi masakan walau berpuasa. "Tapi saya bilang sama orang rumah istri dan emak saya. Tak usah cicip, ikhtiar, berhati-hati lebih baik," katanya. 

Namun berbeda jika harus memasak untuk orang banyak, seperti seorang chef muslim yang tentu sibuk menyiapkan makanan dengan porsi besar. "Kecuali sedang untuk masak banyak. Kalau tak dicicip nanti tak ada rasa. Membuat gajinya dipotong. Maka tak apa (cicip)," kata UAS. 

Pertanyaan dan jawaban menarik UAS seputar amalan bulan ramadhan bisa ditonton lewat youtube. Hanya saja sebaiknya melihat sampai tuntas supaya tidak terjadi kesalah pahaman. 
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA