riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Beda Dengan Pemerintah, Islam Aboge Rayakan Idul Fitri Sabtu Mendatang

TIM Archive
Kamis, 14 Juni 2018 | 21:34 WIB
Jamah Islam Aboge Rayakan Idul Fitri Sabtu Mendatang Jamah Islam Aboge Rayakan Idul Fitri Sabtu Mendatang
Riau24.com- Ratusan penganut Islam Kejawen di Kabupaten Banyumas, dipastikan tidak akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada hari Jumat 15 Juni 2018 sesuai ketetapan Kemenag RI. Penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) yang cukup banyak terdapat di wilayah Kabupaten Banyumas, baru akan merayakan Idul Fitri pada Sabtu 16 Juni 2018.
 
Menurut Juru Bicara Kasepuhan Adat Banokeling, Sumitro, keputusan jatuhkan Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu 16 Juni 2018. Atau sehari setelah Hari Raya Idul Fitri versi pemerintah, didasarkan pada perhitungan kalender Alif Rebo Wage (Aboge).
 
Menurutnya, tahun 2018 ini adalah tahun Dal, sehingga 1 Syawal menurut mereka jatuh pada Sabtu Manis. Dengan demikian, Hari Raya Idul Fitri baru akan jatuh pada Sabtu manis 16 Juni 2018.
 
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Sumitro juga menyatakan, perayaan Idul Fitri bagi komunitas mereka tidak jauh berbeda dengan umat Islam lainnya. Antara lain, menggelar shalat Id di masjid mereka, dan menggelar upacara adat bekten atau ziarah di makam Panembahan Banokeling Desa Pekuncen Jatilawang dan makan bersama di Balai Desa. (***)
 
 
R24/iko
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA

Terpopuler