riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Sambut Lebaran Warga di Rohil Ini Atraksi Bermain Api

TIM Archive
Kamis, 14 Juni 2018 | 23:03 WIB
Warga Desa Mukti Jaya, Rohil bermain api Warga Desa Mukti Jaya, Rohil bermain api
Riau24.com-Kamis 14 Juni 2018, umat Islam se dunia tengah bersuka cita. Sebab esok jatuh sebagai hari kemenangan atau Idul Fitri, setelah sebulan berpuasa. 

Beragam masyarakat di Indonesia menyambutnya dengan berbagai acara. Seperti takbir keliling hingga pawai obor. Salah satunya seperti warga di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir. 

Tua muda berkumpul di Masjid Jamik at Taqwa, Desa Mukti Jaya. Pantauan di lapangan tua muda bersama berkumpul sambil memukul beduk dan mengumandangkan takbir. 

Yang menarik selain pukul beduk dan takbiran, ada atraksi bermain api. Ada yang memutar api hingga bermain bola api. Hal ini juga menarik perhatian warga setempat. 

Bambang, pemuda setempat mengatakan aksi bermain api tersebut sudah seperti tradisi. "Sudah ada sejak dulu-dulu, turun temurun pasti ada atraksi bermain api ini," katanya, Kamis 14 Juni 2018.

Bambang menyampaikan tidak semua orang yang bisa bermain api. "Tidak semua orang bisa, karena panasnya api pasti berbahaya," katanya. 

Hal yang sama dikatakan Pardi. Dirinya menyebut bermain api tersebut hanya ikit-ikutan. "Tidak ada keahlian khusus, cuma ikut saja. Tapi yang pakai tongkat ini, kalau bola api enggak bisa," sebutnya. 

Acara takbiran di Masjid at Takwa berlangsung hingga beberapa jam. Memasuki pukul 10 malam satu per satu warga mulai pulang ke rumah masing-masing.
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA

Terpopuler