riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Riau Jadi Daerah Kedua di Luar Jawa Selaku Tuan Rumah Hakteknas

TIM Archive
Jumat, 10 Agustus 2018 | 11:19 WIB
Hakteknas Hakteknas
Riau24.com- Provinsi Riau, menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-23. Acara ini berpusat di Gubernuran Provinsi Riau.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru menjadi kota kedua di luar Pulau Jawa yang menjadi tuan rumah Hakteknas.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan tersebut," kata dia, Jumat, 10 Agustus 2017.

Gubernur menambahkan, kegiatan Hakteknas ini merupakan salah satu titik pandang perjalanan inovasi bangsa Indonesia dalam setahun yang strategis dan penting. 

"Karena hanya dengan melakukan inovasi, maka suatu negara mampu membangun di tengah persaingan global yang semakin ketat dan semakin terhubungkan satu sama lain," kata dia.

Pada saat itu, gubernur juga menyampaikan tentang keberhasilan provinsi Riau selama tiga tahun terakhir. Dia menjelaskan, selama 3 tahun terakhir kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau menunjukkan peningkatan yang sangat berarti. 

Hal ini dapat dilihat meningkatnya IPM dan Menurunnya persentase penduduk miskin. IPM Riau tahun 2017  mencapai 71,79. IPM Riau lebih tinggi daripada IPM Nasional dan IPM  tertinggi ke 6 se Indonesia. 

Selanjutnya dia juga memaparkan tentang jumlah penduduk miskin. Dimana pada tahun 2015 jumlah penduduk miskin di Riau mencapai 8,82 %, mengalami penurunan menjadi 7,41 % pada tahun 2017.

Kemudian, dia juga memaparkan tentang inovasi di bidang pangan dan energi. Dimana pada bidang pangan, selain tetap meningkatkan produktivitas pangan strategi nasional, Provinsi Riau selama 3 tahun terakhir terus mengembangkan inovasi pada pangan lokal untuk mendukung sektor parawisata.

"Seperti pengembangan industri hilir produk sagu. Kami telah mendeklarasikan Sagu Riau menyapa Dunia, Riau Provinsi Sagu. Saat ini produk berbasis sagu mulai berkembang dan mudah diperoleh, baik mie sagu, beras sagu, dan lain-lain," lanjutnya.

R24/ibl
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA