riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Terjadi 20 Tahun Sekali, Gerhana Matahari Cincin akan Terlihat di Siak

TIM Archive
Jumat, 10 Agustus 2018 | 16:41 WIB
Diskusi pihak Lapan dengan Bupati Syamsuar di stand Lapan Ritech Expo 2018 Diskusi pihak Lapan dengan Bupati Syamsuar di stand Lapan Ritech Expo 2018
Riau24.com- Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang, Kabupaten Siak akan dilalui gerhana matahari cincin.

Dengan demikian, masyarakat di Kabupaten Siak dapat melihat dengan jelas gerhana matahari cincin tersebut.

Sama halnya dengan kejadian gerhana matahari total pada tahun 2016 lalu, momen gerhana matahari cincin ini akan menarik banyak minat masyarakat.

"Sama dengan gerhana matahari total 2016 lalu, gerhana cincin ini unik. Matahari itu nanti tengahnya akan tertutup bulan dan akan terlihat cincin mengitarinya," kata Thomas kepada Riau24.com, Jumat 10 Agustus 2018 di Pekanbaru.

Pada saat itu terjadi, jika kondisi hari biasanya terik, pada saat itu hari akan terlihat redup dari biasanya. Meski redup, kondisi tersebut tidak segelap malam hari.

"Ketika matahari tertutup tengahnya dan terlihat cincin, itu akan jadi pengalaman luar biasa dan sekali seumur hidup," tuturnya.

"Kejadian ini terjadi tergantung daerah. Secara prinsip pengulangan daerah yang berdekatan terjadi sekitar 20 tahunan dan lokasinnya memang bergeser ke daerah lain," tutupnya.

R24/ibl
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA