riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Bergerak Tiga Kali Berturut-turut Shalat Batal? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

TIM Archive
Jumat, 10 Agustus 2018 | 16:57 WIB
Ustaz Abdul Somad Ustaz Abdul Somad
Riau24.com-Jumat 10 Agustus 2018, sebagian muslim meyakini bahwa kalau bergerak tiga kali secara runtut di luar rukun maka shalatnya batal. Benarkah demikian? 

Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah ditanya ini oleh jamaah seperti dalam instagram @video.islam. "Apakah bergerak 3 kali berturut-turut saat shalat batal?" tanya jamaah dalam satu video. 

Mendapat pertanyaan ini Ustaz Abdul Somad (UAS) menjawab bahwa bergerak tiga kali bisa buat shalat batal dan tidak. "Kalau geraknya tidak ada hajat batal, kalau ada hajat tak batal," jawabnya. 

UAS lalu membacakan dalil hadis riwayat Ahmad: "Dari Abu Hurairah: Sesungguhnya Rasulullah SAW menyuruh membunuh Aswadaini (dua binatang hitam) saat shalat: kalajengking dan ular." Jadi itu tidak perlu pukul tiga kali agar shalat tak batal. Pukul saja. Tapi jangan ngomong. Kalau ngomong batal," jelas Dosen hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini. 

Untuk menonton ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) bisa disaksikan lewat youtube atau instagram. Hanya saja tontonlah sampai tuntas supaya tidak terjadi salah paham.
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA