riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

19 Pelaku Ilegal Logging Diringkus, Ngakunya Untuk Buat Rumah

TIM Archive
Kamis, 11 Oktober 2018 | 13:49 WIB
Pelaku ilegal logging digiring petugas saat ekspose barang bukti di RSDC Rumbai Pekanbaru, Kamis, 11/10/2018) Pelaku ilegal logging digiring petugas saat ekspose barang bukti di RSDC Rumbai Pekanbaru, Kamis, 11/10/2018)
Riau24.com- Kepolisian Daerah (Polda) Riau melalui Subdit IV Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus), berhasil meringkus pelaku perambahan hutan secara ilegal (Illegal Logging). 

Tak tanggung-tanggung Subdit IV Reskrimsus mengamankan 19 orang, mereka tertangkap tangan dalam operasi yang digelar polisi di hutan Desa Serapung, Pelalawan, pada Agustus lalu.

Adapun 19 orang pelaku ini berinisial MY, Dr, Mr, Uw, An, Di, Kl, Rk, Yn, In, Al, Az, By, Ar, Rb, Sy, Ro, Ad dan Sf. Mereka diketahui  berasal dari Desa Serapung Kuala Kampar - Kabupaten Pelalawan dan beberapa lainnya dari luar Provinsi Riau.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Gidion arif Setyawan, Kamis, 11 Oktober 2018 siang menyebutkan kegiatan perambahan ini terjadi sejak lama.

"Diduga kegiatan ini sudah lama mereka lakukan, modus mereka dengan menghanyutkan kayu melalui kanal (Parit Buatan)," sebut Gidion.

Lanjutnya, pihak kepolisian juga menemukan 29 rakit kayu sudah diolah dan sudah diikat siap untuk dibawa keluar.

"Jumlah kayu sitaan mencapai 52,8 Ton, kayu tersebut bervariasi. Yang paling mahal meranti merah, itu yang didalam truk." Ungkap Gidoion didampingi Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto dan Kasubdit IV AKBP Andi Yul.

Selain menyita kayu, kepolisian turut menyita mesin cainsaw (Mesin pemotong kayu), parang, sampan, Pompong serta truk pengangkut.

 "Kita duga dari arahnya akan dibawa ke Bagansiapi-api, Rohil," tutup Kombes Gidion.

Adapun lokasi ilegal logging ini merupakan wilayah hutan di Desa Serapung. Para pelaku ini menebang hutan tidak pada titik tebangnya, atau  berada di wilayah konsesi. Jika ditaksir, ada puluhan hektar hutan yang sudah ditebang.

Berdasarkan pengakuan salah seorang pelaku Ilegal logging kepada Riau24.com, kayu yang ia tebang tersebut untuk membangun sebuah rumah. "Untuk bangun rumah bang," jawabnya singkat.
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA