riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Kerahkan Dua Alat Berat, Normalisasi Drainase di Kecamatan Dumai Kota

TIM Archive
Sabtu, 13 Oktober 2018 | 18:22 WIB
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS saat meninjau goro kecamatan/pno Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS saat meninjau goro kecamatan/pno
Riau24.com - Dua hari belakangan ini sebagian wilayah Dumai kebanjiran, banjir yang melanda Dumai selain dari tingginya curah hujan juga dibarengi pasang naik.

Namun yang menjadi permasalahan surutnya air disinyalir lambat, oleh sebab itu pihak Kecamatan Dumai Kota Sabtu (13/10/2018) melakukan gotong royong melakukan normalisasi drainase dengan mengerahkan dua alat berat.

Gotong royong yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB bersebut ditinjau Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS, Sekda Kota Dumai Muhamad Nasir, dilaksanakan Camat Dumai Kota Agus Gunawan beserta jajaran, Dinas PUPR, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Afrilagan dan jajaran, Kepolisian, TNI, Satpol PP, Lurah se Dumai Kota juga masyarakat di Kecamatan Dumai Kota.

Agus Gunawan membeberkan, gotong royong tersebut difokuskan untuk saluran drainase yang mengarah langsung ke laut seperti yang ada di sepanjang Jalan Bintan dan di sepanjang Jalan Cempedak.

"Alat berat dikerahkan untuk mengangkat endapan lumpur yang membuat pendangkalan drainase dan mengganggu aliran air, juga ada beberapa titik yang perlu ditembus agar aliran air lancar," ungkap Camat Dumai Kota.
 
Selain alat berat juga dikerahkan mobil pengangkat sampah, juga petugas persampahan Kecamatan tersebut.  Pegangkatan sampah juga dilakukan yang tampak berserakan disejumlah titik kususnya dibibir gorong-gorong.

Wilayah Kecamatan Dumai Kota merupakan pintu pembuangan air ke laut dari kecamatan lain, jadi kondisi drainase diwilayah ini tentu harus menjadi perhatian khusus, untuk mengatasi banjir khususnya di wilayah perkotaan.

"Kita selaku Pemerintah melakukan normalisasi drainase, tentunya berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya karena jika sampah berserakan sewaktu datang hujan bisa menghambat aliran air," pesan Walikota Zulkifli AS.

Gotong royong di Kecamatan ini berlangsung hingga petang, mengingat banyak titik drainase yang perlu dilakukan normalisasi."Kami akan selalu melakukan pengawasan terhadap drainase ini, dan melakukan goro sejak dini sehingga tidak terlalu menghambat aliran air," pungkas Agus Gunawan yang menjabat Camat Dumai Kota belum benap sebulan ini.(***)


R24/pno




Penulis TIM Archive
INDEX BERITA