riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Suzuki Terbaru Sudah Berstandar Euro 4, Tapi Pick Up Masih Belum Siap

TIM Archive
Selasa, 04 Desember 2018 | 16:25 WIB
Suzuki Ertiga/int Suzuki Ertiga/int
Riau24.com - Peraturan yang diterbitkan pemerintah adalah pada unit mobil di Indonesia terkait aturan emisi gas buang berstandar Euro 4 dan bertenaga dan irit konsumsi bahan bakar.

Pemberlakuan ini sejak 1 Oktober 2018, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tapi, masih ada saja produsen mobil yang belum siap. Diharapkan para produsen otomotif dapat segera memenuhi standar emisi di tiap produknya yang dijual di Indonesia.

Salah satunya adalah pada Suzuki, PT Suzuki Indomobil Motor telah meluncurkan standar euro IV pada unit terbarunya, pada Mei 2018 lalu untuk unit All New Ertiga, dan juga pada merek Baleno. Hanya saja untuk unit yang lainnya yang diluncurkan, SIM belum menerapkannya.

Suzuki mengungkapkan mereka meminta kompensasi kepada pemerintah untuk memenuhi persyaratan tersebut sebab ada satu produk yang masih belum dapat berubah ke Euro 4. Hal ini seperti yang juga diberikan komsensasi pada produsen otomotif yang lain.

"Sudah diterapkan, mobil penumpang Suzuki sudah Euro 4, seperti All New Ertiga dan Baleno. Tapi yang lain belum, salah satunya untuk yang pickup, karena mesin yang digunakan Futura yang masih Euro 2," ucap supervisor PT Riau Jaya Cemerlang Pekanbaru yang tidak ingin dipublikasikan namanya, pada Selasa (4/12).

"Unit yang lain yang belum itu adalah untuk Carry Futura versi van maupun pickup," sebut dia.

"Ada kendala di pusat, jadi Suzuki telah mengajukan perpanjangan tetap menggunakan dan memasarkan mesin dengan Euro 2 itu hingga akhir Maret 2019," ucapnya.

"Dan di Suzuki pusat sendiri juga melihat di siaran pers Kementerian terkait yang diterbitkan, ada Mitsubishi, Nissan dan Daihatsu juga. Akhirnya, pemerintah memberikan relaksasi untuk beberapa kendaraan," ucapnya lagi.

"Suzuki di daerah sudah dapat arahan pusat dalam menjualkannya. Tapi untuk mobil komersial ditunda hingga April 2019," sebutnya

Hingga saat ini, kendala yang dihadapi Suzuki yang telah 25 tahun ini dipasarkan, adalah dalam hal pergantian mesin baru, dan juga investaai yang cukup besar dalam hal pembuatan mesin yang berstandar Euro 4 itu.

"Kalau hanya ganti mesin saja, tidak hanya asal pasang saja, ini butuh pengujian, tes. Nantinya tunggu bulan April saja lah," sebutnya

Terkait permintaan, ada langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan kondisi tersebut. Permintaan kesabaran untuk tambahan waktu hingga April diharapkan dapat membantu strategi yang sedang disiapkan tersebut.

"Jadi fokus penjualan saat ini hanya untuk Ertiga, Wagon, Baleno, Ignis, dan Scross. Walaupun untuk Wagon masih euro 2 dan Ignis masih euro 3, dan yang Ertiga dan Baleno sudah euro 4. Kita tetap gencar memasarkan unit-unit ini. Padahal sebelumnya, penjualan pickup ini sangat laku terutama untuk pelaku usaha," pasrahnya.(***)



R24/nof



Penulis TIM Archive
INDEX BERITA