riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Pemilihan Rektor UNRI Batal, DPRD Riau: Kalau Masuk Ranah Politik Begini

TIM Archive
Kamis, 06 Desember 2018 | 19:05 WIB
Husaimi Hamidi Husaimi Hamidi
Riau24.com-Anggota Komisi V DPRD Riau yang membidangi pendidikan Husaimi Hamidi merasa kecewa atas batalnya pemilihan rektor Universitas Negeri Riau (UNRI) yang dijadwalkan pada Rabu 5 Desember 2018 kemarin digelar. 

Husaimi menilai batalnya pemilihan itu dikarenakan adanya unsur politik berupa intervensi dari pemerintah pusat melalui kementrian terkait. 

"Kalau sudah dimasuki ranah politik begini, ini sangat berbahaya, harusnya diserahkan ke universitas saja,"kata Politisi PPP itu. Kamis 6 Desember 2018

Legislator asal Rohil ini menjelaskan, saat ini ada aturan bahwa penunjukkan rektor dilakukan oleh kementerian, sedangkan universitas hanya mengusulkan tiga nama saja.

"Yang tau daerah itu kan kita, kita ini kan otonom, harusnya kita yang menentukan, jangan otonom setengah-setengah begini, ini sudah tidak betul," tuturnya.

Dan lagi Universitas, lanjutnya, sudah dewasa dan sudah selayaknya diberi kebebasan dalam menunjuk rektor, sebab yang akan merasakan kepemimpinan rektor tersebut adalah dosen di universitas tersebut.

"Ini sangat mengecewakan, jangan-jangan nanti kepala sekolah ditentukan kementerian juga, kementerian ini cukup menyetujui sajalah," tuturnya.

Sementara itu Ketua Senat UR, Adel Zamri mengatakan dirinya tidak mengetahui alasan dibalik pembatalan tersebut, sebab surat pemberitahuan yang dikirim lewat WhatsApp ini tidak mencantumkan nomor telepon. (***) 


R24/iko
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA