riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Ustaz Abdul Somad Sebut Boleh Membeberkan Aib Calon Pemimpin, Ini Alasannya

TIM Archive
Sabtu, 08 Desember 2018 | 17:56 WIB
Ustaz Abdul Somad Ustaz Abdul Somad
Riau24.com-Sabtu 8 Desember 2018, dalam ajaran agama Islam tidak patut membuka aib orang  atau ghibah. Bahkan setiap orang yang ghibah termasuk berdosa. 

Namun pada kondisi tertentu, dibolehkan membuka aib orang atau ghibah. Hal itu disampaikan Ustaz Abdul Somad yang tayangannya dibagi @tafaqquh video dengan judul "Tanya jawab Masjid Andalusia Sentul Bogor". 

"Kita boleh menyebut aib orang, pada tiga pasal (situasi). Pertama di pengadilan, saat seorang saksi ditanya hakim. Maka saksi boleh membuka aib orang yang ditanya sesuai pertanyaan hakim di pengadilan," kata dosen hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini. 

Kedua bertanya suatu hukum (agama) kepada seorang Ustaz. Misla seorang istri bertanya pada ustaz tentang masalah pada sikap suaminya. Maka boleh. "Ketiga membua aib calon pemimpin. Seperti pemilu DPRD sekarang. Itu untuk mencegah kebatilannya (calon pemimpin) menjadi mudorat yang tersebar dan membahayakan rakyatnya. Itu boleh," kata UAS. 

Tanya jawab menarik Ustaz Abdul Somad bisa disaksikan di media sosial (Medsos) instagram atau youtube. Hanya saja disarankan untuk menonton sampai tuntas supaya tidak salah paham. 
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA