riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Sekarung E-KTP Dibuang di Area Sawah Pondok Kopi Jakarta, Anies Baswedan: Laporkan ke Polisi

TIM Archive
Sabtu, 08 Desember 2018 | 23:38 WIB
Petugas Kepolisian memeriksa ribuan e-KTP yang ditemukan terbuang di sebuah kawasan di Jakarta. Foto: int Petugas Kepolisian memeriksa ribuan e-KTP yang ditemukan terbuang di sebuah kawasan di Jakarta. Foto: int
Riau24.com - JAKARTA- KTP elektronik kembali buat polemik. Di saat masih banyak warga negara yang kesulitan mendapatkannya secara resmi, kali ini warga Jakarta menemukan sebuah karung yang berisi ribuan KTP elektronik (e-KTP). Kartu identitas resmi itu  ditemukan berceceran di kawasan sawah di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu 8 Desember 2018 sore tadi.

Yang mengejutkan, ribuan e-KTP tersebut diketahui masih aktif. E-KTP tersebut milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Temuan itu pun mengundang reaksi dari banyak pihak. Salah satunya dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia menegaskan, penemuan itu sudah seharusnya dilaporkan ke pihak Kepolisian, karena hal itu sudah berada pada ranah hukum.

"Laporkan saja ke pihak Kepolisian. Karena ini sudah berada pada ranah hukum," ujarnya, saat menghadiri kegiatan di Jakarta, Sabtu sore tadi, seperti dilansir kompas.com.

Perihal penemuan ribuan e-KTP itu juga dibenarkan Ipit, Ketua RW 11 setempat, tempat karung berisi ribuan e-KTP itu ditemukan. "Ada ribuan e-KTP aktif. Saya ngitungin aja udah capek, pada bosen. Ribuan itu, jelas di atas seribu lah," ujarnya.


Dituturkannya, penemuan ribuan e-KTP tersebut berawal dari laporan bahwa ada anak-anak yang memainkan e-KTP di areal persawahan. Ipit datang dan menemukan ribuan e-KTP di dalam sebuah karung putih dan sebagian lainnya tercecer di sawah.

Saat ini, e-KTP telah diserahkan ke Polsek Duren Sawit. "Sudah dibawa semua ke Polsek Duren Sawit," ujar Ipit.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengatakan, pihaknya tengah melakukan investigasi terkait penemuan ribuan e-KTP tersebut.

"Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri sedang ke lapangan melakukan investigasi," ujar Bahtiar.

Namun, ia tidak memberi jawaban ketika ditanyakan apakah e-KTP tersebut sebelumnya telah diserahkan oleh pihak Dukcapil Kemendagri ke Kelurahan Pondok Kelapa. ***

R24/wan  


Penulis TIM Archive
INDEX BERITA