riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Pemkab Kuansing Laksanakan Lokakarya Lingkungan Hidup

TIM Archive
Selasa, 07 November 2017 | 19:16 WIB
Seminar Bertemakan Sungai sebagai sumber kehidupan masa depan Seminar Bertemakan Sungai sebagai sumber kehidupan masa depan
Riau24.com- KUANSING - Pemkab Kuansing, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Penelitian dan Pengembangan bekerjasama dengan Universitas Riau, melaksanakan lokakarya pembangunan berbasis lingkungan hidup bertempat di SMKN 2 Teluk Kuantan.

Adapun tujuan dilaksanakannya lokakarya ini adalah, merumuskan kebijakan kebijakan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama, yang telah ditandatangani pada penyelenggaraan seminar pembangunan berbasis lingkungan hidup.

Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si ketika membuka acara tersebut menyampaikan, Pemkab Kuansing bersama Universitas Riau pada 2 November 2017 lalu, telah melaksanakan seminar dalam rangka upaya pengendalian, sekaligus pemanfaatan bantaran sungai sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Pada seminar tersebut, telah ditandatangani kesepakatan bersama Pemprov Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima, Kejati Riau, Bupati Kuantan Singingi, Rektor Universitas Riau dan Ketua DPRD Kuansing.

Salah satu isi dari kesepakatan tersebut, kata Bupati, mewujudkan kegiatan pemberdayaan masyarakat daerah aliran sungai Kuantan-Indragiri, menghentikan seluruh kegiatan  yang mempuyai dampak negatif yang besar, terhadap lingkungan dan mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan masyarakat.

"Harapan saya dan harapan kita semua dari lokakarya ini dihasilkan program dan kegiatan nyata, yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah terkait bersama sama dengan masyarakat, untuk mengendalikan dan memanfaatkan lingkungan sekitar kita. Untuk tahap pertama kegiatan difokuskan pada daerah bantaran sungai, dan daerah aliran sungai kuantan," paparnya.

Lokakarya ini dihadiri oleh Kapolres, Kajari Kuansing, unsur pemerintah kabupaten Sijunjung, unsur perguruan tinggi, unsur organisasi masyarakat, unsur organisasi kepemudaan, unsur tokoh masyarakat dan unsur perusahaan yang secara keseluruhan berjumlah 150 orang. ****

R24/zar
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA