riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Zulhas Bicara Soal Hutan Riau, ini Kata Dia

TIM Archive
Sabtu, 27 Januari 2018 | 17:44 WIB
Zulkifli Hasan saat diwawancarai usai prosesi tepuk tepung tawar Zulkifli Hasan saat diwawancarai usai prosesi tepuk tepung tawar
Riau24.com- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada saat berkunjung ke Pekanbaru, sempat menyinggung tentang kehutanan yang ada di Provinsi Riau saat ini.
 
Dia juga sempat bercerita bahwa pada saat dirinya menjadi Menteri Kehutanan dimasa Presiden SBY, kondisi hutan Riau banyak dikuasai oleh segelintir orang.
 
Akibatnya, banyak masyarakat Riau yang tidak dapat lahan untuk menjalankan aktifitas disektor perkebunan itu. Dengan alasan itu, selama dia jadi menteri hanya satu ijin yang dia keluarkan di Riau.
 
"Saya waktu jadi menteri kehutanan selama lima tahun, di Riau jadi saya hanya  kasih ijin cuma satu pabrik saja," kata dia, Sabtu, 27 Januari 2018.
 
Pabrik yang diberi ijin oleh dia itu merupakan pabrik untuk pembuatan tepung sagu. Dia sendiri juga menyayangkan di negerinya sendiri, orang Melayu sampai tidak memiliki tanah sendiri.
 
"Saya pernah keliling Riau, orang melayu tidak punya tanah, padahal tanah di Riau ini luas," lanjutnya.
 
Maka dari itu, jika ingin rakyat Riau sejahtera, lanjut pria yang disapa Zulhas itu, jangan kasih lebih kepada pengusaha. 
 
"Kalau mau pemerataan kasih mereka itu satu daun saja, dan dalam jangka 25 tahun selesai. Setelah itu bagikan rakyat. Itu baru sama-sama memiliki," tegasnya.
 
R24/ibl
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA