riau24

logo riau24
Informasi Anda Genggam

Harga Telur Terus Naik, Sekda Minta OPD Terkait Bergerak Cepat

TIM Archive
Senin, 23 Juli 2018 | 14:36 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
Riau24.com- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa, harga telur yang terus naik belakangan ini instansi terkait yakni Dinas Perdagangan harus bergerak cepat merespon masalah ini.

"Kalau permintaan tinggi, harus diantisipasi dengan persediaan yang memadai. Maka itu, OPD terkait kita minta bergerak cepat untuk merespon situasi," kata sekda Hijazi.

Ditambahkannya lagi, dinas tersebut harus  harus memiliki data, siapa pelakunya, berapa kebutuhan hingga berapa jumlah stok yang datang untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

"Itu harus terdeteksi. Konsep harga dalam kebutuhan pangan ini ada komoditi yang harganya rendah, tetapi instabiltasnya tinggi. Begitu juga sebaliknya," kata dia lagi.

Maka dari itu, fokus utama yang harus dicermati adalah komoditi yang dihitung harganya tinggi dan instabilitasnya juga tinggi. "Sehingga ketika turun harganya juga turun jauh," lanjut sekda.

Pemerintah sendiri, kata sekda, memang tidak kuasai stok. Tapi melalui dinas terkait harus memonitor dan mengawasi kebutuhan tersebut. "Sehingga jika ada prakter penimbunan bisa diketahui," tutupnya.

R24/ibl
Penulis TIM Archive
INDEX BERITA